Pergantian cuaca di Indonesia beberapa waktu belakangan, ternyata dialami juga di berbagai belahan negara dunia. Diantaranya hujan yang menyebabkan banjir cukup besar, seperti yang dialami Australia negara yang cukup dekat dengan wilayah Indonesia. Selain itu, Brazil yang merupakan negara pemenang piala dunia terbanyak juga mengalami hal yang serupa. Tidak ketinggalan pula berbagai kota yang tersebar di Indonesia, terkena dampak dari hujan yang berlangsung akibat dari perubahan cuaca ekstrim.
            Beberapa banjir di Indonesia ini, memang tidak terlepas dari seringnya terjadi hujan terus menerus yang turun dan kemudian menggenangi wilayah pemukiman penduduk. Akan tetapi bila kita mau melihat kedalam dan agak sedikit lebih dekat. Sebenarnya semua yang terjadi secara tidak langsung merupakan kecerobohan kita, dari hal paling kecil saja mulai dari membuang sampah kebantaran sekitar sungai, sampai selokan didekat rumah serta pembabatan hutan yang kita lakukan tanpa adanya sistem tebang pilih tanam.
            Alam kita perlakukan dengan seenaknya kita sendiri, padahal sudah banyak aktivis yang berkumandang dengan kata – kata supaya kita menjaga kelestarian alam setiap saatnya. Namun selalu saja kita semua seaakan memperlakukan alam dan kelestariannya dengan sesuka kita, seolah kita merupakan pemilik dari semuanya. Padahal kita manusia ini, Cuma dititipkan anugrah yang terhampar luas disekitar kita. Tentu saja yang namanya titipan, pasti kita yang dititipi berkewajiban merawatnya supaya tidak merugikan diri kita sendiri nantinya.
            Tapi semua tinggal begitu saja, setelah perlakukan kita kepada alam yang semena-mena. Guyuran hujan pun kini menghantui kita semua, dari negara yang baru berkembang sampai negara yang katanya cukup besar dan punya nama dimata dunia.  Juga turut merasakan perubahan cuaca ekstrim ini, secara tidak langsung bila sebenarnya kita mampu berpikir sedikit bijak. Ini semua bukan hal yang perlu kita khawatirkan dengan berlebih, akan tetapi bukan hal yang bisa begitu saja dibiarkan berlalu.
Melainkan dibalik semua ini, kita masih diperhatikan oleh alam, kita ditegur mereka. Ba wasanya menjaga kelestarian alam itu, merupakan hal yang wajib karena dampaknya cukup besar, akan tetapi bila kita jaga manfaat yang besar pula pasti akan kita dapatkan sebagai timbal baliknya. Mari kita jaga alam kita, tanggapi perubahan cuaca dan bencana alam yang terjadi dengan sewajarnya. Supaya tidak pernah terjadi lagi jatuhnya korban yang lebih banyak lagi.

INDRA PUJO PRASETIA    

0 komentar:

Posting Komentar

About