Mendengar namanya, kuliner yang satu ini rasanya masih terdengar asing di telinga. Cita rasa dan bentuknya yang cukup terbilang unik, mampu membuat para penikmatnya serasa berada dalam kehangatan dan keindahan Negeri Pizza, Italia.
     Yup! Zupa Soup. Menu yang selama ini biasanya hanya dapat kita jumpai di hotel-hotel mewah ataupun restaurant-restauran besar dengan harga yang mahal untuk kalangan pecinta kuliner seperti mahasiswa. Kini kenikmatan Zupa Soup bisa anda cicipi di sebuah Warung Makan yang diberi nama The Eiffel yang terletak di Jalan Kenari no. 81, Yogyakarta (sebelah timur Pabrik SGM).
     Pemilik warung, Danang Agung Satria melihat peluang usaha dibidang kuliner ini rasanya memang sedang marak. Maka dari itu, ia mencoba sesuatu yang baru dengan memperkenalkan menu  Zupa Soup ini di warung makannya. Dengan memberikan harga yang relative lebih terjangkau, Zupa Soup ini diharapkan dapat dinikmati para pecinta kuliner yang gemar berburu aneka Soup di Yogyakarta maupun wisatawan-wisatawan yang sedang berkunjung.
     “Warung ini memang belum terlalu lama berdiri, ya baru sekitar bulan Juni 2010 kemarin. Yang diharapkan kehadiran Zupa Soup ini sendiri mampu menambah referensi aneka kuliner mancanegara yang ada di Yogyakarta khusunya namun dengan kelezatan dan cita rasa yang berbeda tentunya,” ujar pria yang keseharian bekerja di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemerintah Kota Yogyakarta itu.
     Dalam penyajiannya, makanan Zupa Soup ini memang cukup terlihat lebih unik, karena dalam semangkuk kecil sebagai tempat soup disajikan terdapat kulit atau balutan tepung menyembung yang menutup mangkuk tersebut. “Tepung ini memang sengaja dibentuk agar kenikmatan sajian makanan kuah ini lebih terasa lengkap. Jadi ada soup dengan campuran potongan daging, telur dan rempah mampu menghangatkan badan, adonan tepung ini berfungsi sebagai karbohidratnya,” tambah Danang.
     Tidak sembarang mangkuk lho, Danang sengaja tidak mengubah wadah mangkuk yang memang biasa dipakai Zupa Soup yang dijual di Italia, yakni mangkuk yang terbuat dari porselen.

Cepat saji
     Berbeda dari proses pembuatan sup seperti biasanya, Zupa Soup ini dimasak langsung bukan diatas kompor, melainkan dengan di oven. Dalam pengolahannya, yang harus diperhatikan adalah besarnya suhu yang dipakai. Hal ini perlu diketahui  agar bahan sup matang dalam mangkuk dan adonan tepung juga terjaga kematangannya dengan baik.
     “Sebelum dimasak dalam pengolahan Zupa Soup, resep untuk supnya dimasukan kedalam mangkuk porselen. Kemudian mangkuk ditutup rapat dengan adonan tepung sebagai atap mangkuk dan diamkan beberapa menit, agar adonan tepung ini mengembang dengan baik,” lanjutnya.
     Setelah semuanya siap, mangkuk berisi sup yang telah ditutup adonan tepung ini siap untuk  dimasukan ke dalam oven. Proses pembuatan kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, dengan kekuatan panas 150 hingga 200 derajat celcius. Untuk mengetahui  Zupa Soup telah matang atau belum, dapat dilihat dari adonan tepung yang menutup mangkuk. Bila adonan telah mengembang dan berwarna kecokelatan, artnya Zupa Soup telah siap dihidangkan.
     Cukup dengan Rp8.000 saja, anda sudah bisa menikmati semangkuk Zupa Soup Italia di warung The Eiffel yang buka setiap harinya mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Dibantu enam orang karyawannya, kini Danang tidak terlalu khawatir dengan ramainya pengunjung yang datang ke warungnya mulai dari Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, mahasiswa, maupun pekerja kantoran.
     Melihat perkembangan bisnis kuliner waralaba tersebut, Danangpun memiliki rencana kedepannya akan membuka cabang warungnya, sehingga para pecinta kuliner di Yogyakarta tak sukar untuk menemui kehangatan dalam santapan Zupa Soup ala Negri Pizza ini.

Laras Gilang Pamekar
153070347

0 komentar:

Posting Komentar

About