Gunung  Api Purba Nglanggeran


            Buat temen-temen yang suka jalan-jalan obyek wisata yang satu ini jangan sampai dilewatkan, Gunung Api Purba Nglanggeran. Bagi pecinta  wisata yang menantang adrenalin, tempat ini cocok kiranya untuk di kunjungi.
Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Letaknya yang berada di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul Yogyakarta ini memiliki pesona alam yang sangat indah. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah Gunung Berapi Purba.
           Obyek wisata Gunung Api Purba ini di kelola oleh Karang taruna Bukit Putra Mandiri. Dimana para pemuda di daerah ini ikut aktif dalam melestarikan peninggalan bersejarah tersebut. Selain itu mereka juga bekerja sebagai pemandu wisata bagi para pengunjung yang hendak mendapatkan informasi mengenai Gunung Api Purba Nglanggeran. Seperti halnya Toyo, beliau merupakan salah satu dari anggota Karang taruna  Bukit Putra Mandiri.
            Ditemui saat memandu mahasiswa yang sedang mengambil gambar di kawasan tersebut, Toyo mengungkapkan bisa dua kali dalam sehari membawa pengunjung untuk melihat keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran. “Biasanya dua kali dalam sehari saya bisa menaiki Gunung Api Purba, untuk membantu pengunjung yang membutuh kan jasa saya”.   
            Karang taruna Bukit Putra Mandiri juga menjaga daerah kawasan obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dari tangan-tangan pengunjung yang jahil. “Terkadang banyak penggunjung oyek wisata ini yang jahil mencoret-coret batu. Kami selalu tak segan-segan menegur mereka yang melanggar aturan untuk tidak mencoret-coret kawasan tersebut”.Ungkap Toyo saat ditemui di puncak Gunung Api Purba Nglanggeran.
          Terkait dengan aktivitas erupsi merapi awal November, Gunung Api Purba Nglanggeran juga sempat diisukan aktif. Saat di tanyakan kepaa Toyo, Toyo juga mengungkapkan kalo itu hanya isu saja. “Memang saat itu banyak wartawan dan dinas-dinas terkait serta masyarakat luar desa Nglanggeran pada datang untuk melihat apakah Gunung Api Purba Aktif lagi seperti pemberitaan, namun semuanya tidak terbukti”. Bagi wisatawan yang hendak datang tidak perlu takut, karena oyek wisata ini aman untuk di kunjungi. 

Aprilia Dwi Utami (153070095)

0 komentar:

Posting Komentar

About