Yogyakarta, Selasa (11/1)—Sejumlah orang yang tergabung dalam OPHIO Jogja Reptiles Club mengadakan Handling and Sharring yang bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta.
     Tak banyak orang yang menganggap bahwa binatng reptile bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan. Namun kali ini, OPHIO yang sudah terbentuk sejak 29 November 2002 ini mencoba dengan mengumpulkan para anggota pecinta reptile di Yogyakarta untuk berkumpul bersama.
     Handling and Sharring ini merupakan bagian dari rentetan sejumlah kegiatan Komunitas ini. Banyak hal yang dilakukan dalam acara yang diadakan setiap hari Rabu (Minggu pertama dan ke-3), seperti pengenalan jenis-jenis hewan reptile (ular, biawak, iguana, kura-kura, dan lainnya) serta cirri khas dari masing-masing reptile tersebut. Tak hanya itu, disini diajarkan pula bagaimana caranya untuk menangkap dan melepaskan reptile dengan memakai cara yang halus.
     Ruang diskusi terbuka bagi siapa saja yang ingin bertanya seputar reptil dan mngenal lebih jauh bagaimana kehidupan reptil, habitatnya, jenis lainnya, pola makannya, cara merawatnya dan masih banyak lainnya.
     Ketua komunitas OPHIO Jogja Reptil Club, Feryan Harto Nugroho mengakui awal komunitas OPHIO terbentuk dengan landasan bahwa di Yogyakarta sendiri memang belum ada. “Kebanyakan para pecinta reptile bergerak sendiri-sendiri dan belum ada wadahnya, disini kita mencoba mempertemukan mereka untuk bisa saling berbagi cerita dan ilmu,” ujarnya.
Ia juga mengakui bahwasanya dengan berkumpul disini, setiap kali pertemuannya pasti ada saja yang memperkenalkan jenis reptile baru. “Nagh, itu salah satu manfaat dengan adanya Handling and Sharring ini kita bisa saling menambah ilmu pengetahuan,” tambah pria yang akrab dipanggil Bang Ryan ini.
    OPHIO bukanlah sembarang komunitas yang terbentuk tanpa maksud dan tujuan didirikannya. Mereka memiliki URC (Unit Reaksi Cepat). URC bergerak jikalau semisal ada warga yang mengeluhkan bila di wilayahnya terdapat satwa reptile yang berkeliaran dan ingin ditangkap. Untuk mengerjakan hal tersebut, warga cukup menghubungi contact person Ryan dengan nomor 081328480514. “Untuk  mendatangkan kami ke lokasi, tidak perlu membayar uang apapun dengan kata lain Free. Hal ini kita lakukan sebagai bentuk sosial kami kepada masyarakat di Yogyakarta,” sambungnya.

Laras Gilang Pamekar
153070347
 (Straight News)

0 komentar:

Posting Komentar

About