Masa muda merupakan masa yang sangat tepat untuk belajar banyak hal. Terutama hal-hal yang positif pastinya. Masuk dalam suatu organisasi atau komunitas merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi setiap anak muda, selagi masih bisa why not untuk mencoba?
Di era serba digital ini membuat orang lebih menyukai hal-hal yang serba instan. Seperti halnya dalam dunia fotografi, kamera digital begitu diminati.
Fotografi adalah sebuah proses merekam cahaya, diharapkan dengan mengerti proses itu akan semakin menambah kecintaan kita pada fotografi. Proses inilah yang membuat kita belajar dan tidak serta merta tahu hasilnya. Komunitas Lubang Jarum Indonesia, mungkin bisa dijadikan referensi bagi anak muda yang ingin ikut gabung dalam suatu komunitas, terutama bagi pecinta fotografi. 
Dalam perkembangannya dunia fotografi memang selalu menawarkan hal-hal baru. Salah satunya adalah kamera lubang jarum. Dapat diartikan secara harafiah adalah menangkap cahaya menggunakan kaleng bekas atau kardus sebagai kameranya. Pada bagian dalam kaleng atau kardus itu dicat hitam agar kedap cahaya. Setelah itu di salah satu bagian dibolongi dengan jarum, kecil saja bahkan kadang-kadang tidak perlu sampai menembus. Inilah yang digunakan sebagai kamera. Sebagai filmnya, digunakan kertas film yang banyak dijual di toko peralatan fotografi. Setelah itu proses mencuci film dilakukan di dalam kamar gelap.
Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI), saat ini sudah ribuan anggota KLJI tersebar di 17 kota. Salah satunya kotanya adalah Yogyakarta, seperti yang di ungkapkan oleh Putra (22th). Menurutnya bisa bergabung di komunitas kamera lubang jarum sangat mengasikan. ”Disini kita jadi sering bereksperimen, mencari batasan-batasan yang dapat dikerjakan oleh kamera ini. Sampai sejauh mana kondisi yang optimal untuk dapat membuat foto yang baik. Proses ini adalah proses belajar dan kreativitas tiada akhir”.
Diharapkan dengan hadirnya kamera lubang jarum bisa menumbuhkan rasa kreativitas dan kepekaan dalam berkarya di dunia yang serba digital pada saat ini. Serta dapat menambah pengetahuan bagi para pengikutnya yang mungkin belum mengetahui dengan begitu seksama tentang awal mulanya muncul kamera. Di KLJI semua hal yang berkaitan dengan sejarah kamera sampai perkembangannya saat ini bisa dipelajari.



Aprilia Dwi Utami
153070095

0 komentar:

Posting Komentar

About